Kamis, 15 Agustus 2013

Nama & Logo Baru Rohis Beserta Artinya

Assalammualaikum Wr. Wb.
Sebelumnya saya mohon maaf kepada Alumni Rohis karena tidak segera memposting hal yang penting ini. Sebagaimana seperti yang telah diminta postingan kali ini, saya akan memposting mengenai nama dan arti logo rohis yang baru, mungkin ini agak telat ya, peresmiannya pas pesantren kilat, baru hari ini diposting. Sebenarnya sudah kepikiran buat posting tapi ndak kesampaian. Untungnya ini tadi aku  diingetin sama salah satu rohis, jadi segera tak posting hari ini. Oke langsung saja, kita mulai dari awal pembuatan...

Dari nama, nama ini merupakan hal yang paling sulit menurut saya, untuk ditentukan karena tidak bisa mengambil keputusan sepihak dan
tidak bisa hanya dihadiri sedikit anggota rohis yang aktif. Ada beberapa nama yang diusulkan saat rapat, dan akhirnya diambilah keputusan untuk menggunakan nama ROLANSA, itu artinya simpel banget, RO diambil dari ‘Rohis’, LAN diambil dari ‘SMA Jogonalan’, dan SA diambil dari ‘satu’.

Untuk logo, logo ini dibuat sebelum nama dan ditentukan berbarengan saat rapat membahas nama. Dulu itu pertama kali untuk logo kami meminta contoh dari Alumni Rohis, karena gak ada bayangan mau seperti apa, kemudian akhirnya kami mencoba membuat sendiri, dan saat rapat akhirnya diambilah yang buatan sendiri (cinta produk dalam negeri coy, he, he, he, :D), bukan bermaksud apa-apa tetapi memang itu yang terpilih.

Untuk logo dan nama rohis yang baru ini, diresmikan saat pesantren kilat. Saat hari pertama pesantren (29 Juli 2013) sempat disinggung, tetapi karena hanya disaksikan oleh kelas 12, beberapa KKN dan beberapa guru yang mendampingi pesantren kilat, hal itu dirasa kurang mantap. Akhirnya saat Pengajian Nuzulul Qur’an (31 Juli 2013) disinggung lagi dan diresmikan yang disaksikan oleh seluruh warga sekolah, siswa kelas 10, 11, 12; kakak-kakak KKN; guru-guru yang ikut pengajian (sebagian besar guru hadir disana, yang tidak ikut pengajian, juga ada di sekolah tetapi beda tempat); dan Kepala Sekolah juga hadir dan ikut meresmikan (sehingga dari atas sampai bawah tahu bahwa rohis telah berganti nama ROLANSA); dan yang ndak kalah penting_pentiiinnngggnya saat itu dihadiri oleh sang JAMES BONDnya sekolahan,
(JAMES BOND = JAga MESjid tukang keBOND he, he, :D) 
MAS TRI 
Beliau adalah SQUAD GUARDIAN PENJAGA JURU KUNCI UTAMA dari Masjid Sekolahan (dowo tenan pangkate, ha, ha, ha :D).

Dan inilah logo beserta artinya...




ARTI LOGO ROHIS :
1.
Gambar masjid, yang berarti masjid sebagai tempat rohis berkumpul / pusat kegiatan rohis.
2.
Gambar buku, anggota rohis merupakan pelajar maka dari itu sebagai rohis, seharusnya tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai pengurus dan tidak pula melupakan kewajibannya sebagai pelajar dengan kata lain seimbang.
3.
Tulisan menggunakan huruf hijaiyah yang berbunyi Allah SWT & Nabi Muhammad SAW, hal itu diharapkan rohis, selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT & selalu meniru akhlak mulia dari Nabi Muhammad SAW.
4.
Gambar pita, menandakan kerukunan, keharmonisan, kebersamaan, antar-anggota Rohis, bagaikan satu keluarga.
5.
Tulisan "ROHIS SMA NEGERI 1 JOGONALAN", menandakan bahwa Rohis (Rohani Islam) yang dimaksud disini merupakan organisasi bagian dari Sekolah.
6.
Bentuk logo Segi tujuh merupakan bulan pembuatan yakni Bulan Juli.
7.
Lingkaran yang berada didalam segi-7, menandakan ikatan yang kuat, yang menjaga persatuan antar-anggota Rohis.
8.
Nama ROLANSA merupakan kepanjangan dari Rohani Islam Jogonalan Satu.
9.
Warna hijau merupakan simbol dari pembaharuan, dengan demikian diharapkan anggota Rohis selalu berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
10.
Warna merah melambangkan keberanian mengambil tindakan dan tanggungg jawab.
11.
Warna kuning melambangkan kejayaan, kuluhuran budi pekerti, dan sumber kehidupan.
12.
Warna biru melambangkan kesetiaan dalam keluarga besar Rohis SMA 1 Jogonalan (ROLANSA).
13.
Warna  putih melambangkan hati yang murni, suci, serta ikhlas dalam setiap perbuatan dan perkataannya.

Saya rasa cukup sekian, bila ada yang mengganjal mohon tanggapannya.
Wassalammualaikum, Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan kalian, jangan hanya sekedar menjadi 'SILENT READER' Oke... :D